9 Tahap cara Jual Beli Saham di BEI melalui Perusahaan Sekuritas secara Online untuk Pemula

Sebelum kita terjun di bisnis jual beli saham adalah kita harus belajar tentang saham sampai memahami segala ilmu pengetahuan tentang saham. Kita bisa belajar bermain saham melalui buku-buku karya pakar saham profesional, kursus-kursus saham yang diadakan oleh broker/perusahaan sekuritas, internet dan lain sebagainya.
Menjual saham dan membeli saham adalah inti dari proses untuk mendapatkan profit/keuntungan dalam berinvestasi saham di sebuah perusahaan. Kita bisa memilih berbagai perusahaan sesuai kemampuan dana kita yang cukup. Kita bisa jual beli saham dibroker/perusahaan sekuritas sebagai perwakilan dari Bursa Efek Indonesia/BEI (Dulunya Bursa Efek Jakarta/BEJ, dan Bursa Efek Surabaya)
Berikut ini adalah 9 tahap cara jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara Online untuk Pemula:
1. Silahkan membuka akun di broker/perusahaan sekuritas terdekat didaerah anda. lengkapi segala persyaratannya.
Modal minimal adalah 10 juta rupiah, namun ada broker/perusahaan sekuritas yang kurang dari biaya tersebut.
2. Catat nomor telpon costumer servicenya, nomor telepon broker untuk konsultasi segala persoalan teknikal saham.
3. Broker/Perusahaan Sekuritas akan memberikan Platform yang diinstall di laptop kita, kumputer kita, dan atau perangkat mobile yang sudah support untuk jual beli saham online.
Biasanya broker akan memberikan panduan cara bermain saham terlebih dahulu dalam bentuk video tutorial, atau kursus tentang saham.
4. Silahkan deposit dana di perusahaan sekuritas/broker. Minimal 10 juta rupiah, namun ada broker/perusahaan sekuritas yang menerima deposit modal lebih kecil dari itu contohnya 100 ribu, 1 juta, 5 juta rupiah dan sebagainya.
5.Tahap/langkah berikutnya adalah "Order/Placing". Pilih kode Counter saham perusahaan yang akan anda beli. Pilih jumlah harga, Jumlah lot ( sekarang /di awal tahun 1 lot=2014 sudah 100 Lembar dulu 500 lembar). Kemudian "Enter".
6. Price queue/harga antrian. Contoh: Ketika anda membeli saham perusahaan "A" di harga sekarang akan terproses 3 hari berikutnya.
Namun demikian anda harus menunggu penjual saham perusahaan "A". Karena yang antri terkadang banyak.
Jadi status akan terlihat masih pending/menunggu.
7. Hasil transaksi anda akan terlaksana jika sudah 3 hari. Disitu akan terlihat hasilnya (Match order), "status Done".
8. Broker/perusahaan sekuritas akan memberikan semua laporan transaksi jual beli saham anda disertai catatan berupa potongan dana untuk fee broker dan biaya-biaya yang lain.
9. Dalam beberapa waktu misalnya 6 bulan/1 tahun perusahaan juga akan membagikan deviden/keuntungan perusahaan sesuai prosentase kepemilikan saham, namun ada juga perusahaan yang tidak membagikan deviden pada waktu itu,
biasanya dikarenakan keuntungan perusahaan akan digunakan untuk modal lagi/bayar hutang dan sebagainya.
Jadi anda akan mendapatkan keuntungan dalam bisnis saham jika perusahaan membagikan deviden, dan juga selisih antara harga beli saham lebih murah dari pada harga jual saham (Capital Gain).

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua

Salam sukses bisnis saham